Wednesday 13 July 2016

Definisi Ibadah



Definisi ibadah secara etimologi adalah merendah dan tunduk. Maka dikatakan unta muabad yakni tunduk. Dan Jalan muabad yakni tertundukkan, ditundukan oleh kaki.

1. Definisi ibadah secara terminologi menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiah -rahimahullah- adalah: segala nama yang meliputi apa saja yang dicintai dan diridai Allah Shubhanahu wa ta’alla, dari ucapan, amal batin dan lahiriah.

2. Definisi ibadah secara terminologi menurut Ibnul Qoyyim: ibadah adalah kesempurnaan cinta bersama kesempurnaan kepatuhan.

3. Definisi ibadah secara terminologi menurut As-Syaikh Ibnu Sa’di -rahimahullah- adalah:

= “Ibadah merupakan roh dan hakikatnya adalah merealisasikan cinta dan kepatuhan kepada AllahShubhanahu wa ta’alla. Kecintaan yang utuh dan kepatuhan yang sempurna kepada -Nya, itulah hakikat ibadah. Manakala ibadah luput dari dua hal itu atau salah satunya, ia bukanlah ibadah. Hakikat ibadah adalah ketundukan dan mengiba kepada -Nya, dan hal itu tidak terjadi kecuali dengan mencintai -Nya dengan kecintaan penuh yang dikuti seluruh kecintaan. (Lihat kitab Al-Haqul Wâdhihatul Mubayyin hal.59-60.)

= Didefinisikan dengan definisi kedua, dengan berkata: ibadah dan penghambaan kepada Allah Shubhanahu wa ta’allaadalah nama yang mencakup segala yang dicintai dan diridai -Nya, dari keyakinan, amal hati dan lahiriah. Segala yang mendekatkan kepada Allah Shubhanahu wa   aksi perbuatan dan meninggalkan adalah ibadah. Karenanya, seorang yang meningalkan maksiat karena Allah Shubhanahu wa ta’alla tengah beribadah, mendekat kepada Tuhan-nya dengan aksi itu. (Syaikh Abdurrahman as-Sa’di wa Juhudihi fi Taudhihil Aqidah hal.162.)

4. Pekerjaannya (aktivitas), yang merupakan aksi ibadah.

1. Objek aksi, yaitu ibadah yang dilakukan atau qurbah (yang dijadikan sarana pendekat).
Contoh: shalat. Aktivitas shalat adalah ibadah, bentuknya perbuatan shalat, dan shalat yang tengah dilakukan itu sendiri ibadah, sarana pendekat.Atas dasar ungkapan kedua, ibadah didefiniskan sebagaimana yang didefinisikan oleh Syaikul Islam Ibnu Taimiah, sedang dengan ungkapan pertama didefinisikan menurut definisi kedua dan ketiga.

2. Adapun definisi keempat yang merupakan definisi Syaikh Ibnu Sa’di, mencakup kedua pengungkapan tersebut, baik aktivitas maupun objeknya.Yang juga menjadi definisi ibadah: ia adalah amal-amal saleh sukarela yang dilakukan untuk Allah ta’ala- serta mengesakan -Nya dengan hal itu. (Lihat kitab Ubudiâtul Kâinat lirobbil Âlamîn oleh Farid at-Tuni hal.25.) Definisi ini pun mencakup dua ungkapan di atas.


Definisi Ibadah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:
 


ibadah/iba·dah/ n perbuatan untuk menyatakan bakti kepada Allah, yang didasari ketaatan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya; ibadat;
-- badaniah Isl ibadah yang dilakukan secara fisik, seperti salat;
-- haji Isl ibadah wajib yang dikerjakan minimal satu kali dalam hidup dengan pergi ke Mekah dan Medinah disertai rukun dan syarat yang telah ditetapkan;
-- puasa Isl ibadah wajib setahun sekali selama satu bulan yang dilakukan pada bulan Ramadan;
-- sunah Isl ibadah yang tidak diwajibkan, jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa, seperti puasa pada hari Senin dan Kamis;
-- wajib Isl ibadah yang diwajibkan, jika dikerjakan mendapat pahala tidak dikerjakan berdosa, seperti salat lima waktu, puasa pada bulan Ramadan;
beribadah/ber·i·ba·dah/ v menjalankan ibadah; menunaikan segala kewajiban yang diperintahkan Allah;
peribadahan/per·i·ba·dah·an/ n hal (cara dan sebagainya) beribadah

&

No comments:

Post a Comment